Anies Baswedan: Ada Makna Persatuan di Balik Teks Proklamasi Indonesia

Pilpres 2024, Anies Tetap Jadi Primadona Bagi Oposisi Untuk Dicapreskan

MediaPerjuangan.com – Ada makna persatuan yang mendalam jika isi teks proklamasi Indonesia dipahami secara mendalam kalimat demi kalimat.

Begitu tutur Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Blok G Balaikota DKI Jakarta, Selasa pagi (17/8).

“Kita ingat teks proklamasi yang dibacakan tapi jarang kita mendalaminya dari tiap kalimat teks proklamasi,” katanya seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta.

Anies mengungkapkan, teks proklamasi diawali dengan kalimat, kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

“Artinya bangsa Indonesia telah ada sebelum negara dinyatakan hadir. Bangsa ini terdiri dari berbagai unsur yang memutuskan untuk bersatu, semua memutuskan satu simpul sebagai bangsa Indonesia,” kata Anies.

Anies melanjutkan, bersatunya seluruh komponen bangsa ini menghasilkan kesepakatan bersama yakni memutuskan untuk merdeka dan menolak segala jenis kolonialisme. Karena kolonialisme membatasi bangsa ini untuk berkembang dan sejahtera.

Sehingga, Anies menyebut bahwa kemerdekaan berarti menggelar keadilan sosial dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Karena itu bangsa ini menolak kolonialisme dan seluruh unsur sepakat merdeka untuk menghadirkan gelaran keadilan sosial dan kesejahteraan,” kata Anies.

Anies juga mengajak seluruh komponen ambil tanggung jawab untuk menghadirkan keadilan sosial dan kesejahteraan, seperti halnya yang diperjuangkan dan disepakati bersama oleh para perintis kemerdekaan, sekaligus sebagai bagian dari menunaikan janji-janji kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa, ingatlah ini adalah tanggung jawab kita untuk menuntaskan janji-janji kemerdekaan, yakni melindungi, menghadirkan keadilan sosial, dan memajukan kesejahteraan umum,” paparnya.

Terkait dengan kondisi pandemi di Jakarta, Anies juga menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta berikhtiar untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

Salah satu contohnya adalah melakukan vaksinasi, di mana Pemprov DKI Jakarta memberikan vaksin tak hanya untuk warga yang ber-KTP DKI Jakarta, tetapi semua yang berkegiatan di Jakarta.

“Kita melindungi semua kita tak melihat status KTP dan status ekonomi. Ketika ada yang membutuhkan perlindungan kesehatan, termasuk vaksinasi, siapa pun kita berikan. Prinsip yang kami pegang adalah kemanusiaan yang adil dan beradab,” demikian Anies.

Sumber: RMOL

PPKM Resmi Dilonggarkan Mulai Awal Pekan Depan, Ini Deretan Kegiatan Yang Masih Dibatasi

PB HMI: Presiden Jokowi Tidak Mampu Lagi Mengelola Negara!

Doa Menag Yaqut: Selamatkan Jiwa Kami dari Noda yang Mencoreng Keindahan Martabat

Doa Menag Yaqut: Selamatkan Jiwa Kami dari Noda yang Mencoreng Keindahan Martabat