Arab Saudi Memborong Saham Perusahaan Besar

Ditengah pandemi, Arab Saudi memborong saham perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Boeing, City dan lain-lain. Foto: Saudinesia.

MediaPerjuangan.com – Arab Saudi membeli miliaran dolar saham saat pandemi berdampak kepada ekonomi global. Sebagaimana laporan Jum’at (15/5), Saudi mengambil alih secara signifikan perusahaan dunia seperti BP Plc, Boeing Co., Citigroup Inc. dan Facebook Inc.

The Public Investment Fund (PIF), lima tahun lalu masih berupa holding company untuk saham pemerintah dalam bisnis domestik. Kini menggelontorkan $ 827,8 juta untuk saham BP, investasi $ 713,7 juta di Boeing dan $ 522 juta di Citigroup dan Facebook pada akhir dari kuartal pertama tahun ini.

Menurut Gubernur The Fund, Yasir Al-Rumayyan, PIF sedang mencari “peluang apa pun yang muncul dari reruntuhan krisis ekonomi,” IF berharap melihat “banyak peluang, memperkirakan pada saat itu, membidik perusahaan penerbangan, energi dan hiburan sebagai contoh.” tambahnya.

Ketika pandemi Covid-19 ini yang membuat saham-saham merosot tajam PIF mengambil keuntungan untuk menambah portofilionya dengan dana $ 320 miliar.

Pada sektor energi, Arab Saudi memborong saham, melalui PIF membeli saham perusahaan Canada, Suncor Energy Inc. dan Canadian Natural Resources Ltd., di atas investasi yang sebelumnya, Equinor ASA, Royal Dutch Shell Plc, Total SA dan Eni SpA.

Perburuan saham murah ini bertolak belakang dengan sikap banyak kalangan, seperti Warren Buffett’s Berkshire Hathaway Inc., yang sebelumnya mengumumkan keluar penuh dari investasi di empat maskapai besar AS.

Pada hari Jumat (15/5) lalu, Berkshire menjual sebagian besar investasi lama di Goldman Sachs Group Inc. dan mengurangi saham di perusahaan termasuk JPMorgan Chase & Co. Secara kebetulan, PIF membeli $ 78,4 juta saham Berkshire.

Putra Mahkota Muhammad bin Salman memberikan kewenangan PIF lebih luas sejak tahun 2015 untuk berinvestasi di dunia internasional.

Sumber: Saudinesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *