Jelang HUT GAM, Mabes Polri Pastikan Kondisi Aceh Kondusif

Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono

MediaPerjuangan.com – Pada 4 Desember merupakan hari ulang tahun (HUT) Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, pada momentum ulang tahun GAM tahun ini, kondisi di Aceh kondusif.

Ia mengakui sempat ada sejumlah massa yang berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Namun massa tak berbuat kerusuhan.

TNI-Polri masih melakukan pengamanan-pengamanan dan monitoring terkait perkembangan situasi kamtibmas. Memang tadi sempat ada peringatan milad (HUT) terkait dengan tuntutan beberapa orang yang secara sporadis dilakukan di Masjid Baiturrahman,” ucap Awi di Jakarta pada Jumat (4/12).

Sebenarnya massa yang hadir di sekitaran masjid di luar arahan pimpinan mereka. Kata Awi, pemimpin mereka meminta untuk merayakan HUT GAM di daerah masing-masing tidak terpusat.

“Itu memang di luar apa yang disampaikan oleh pimpinan mereka bahwasanya peringatan disampaikan untuk di daerah masing-masing ternyata ada beberapa kelompok orang yang menyampaikan aspirasinya di depan Masjid Baiturrahman,” ujar dia.

Awi menjelaskan, massa menyerukan tuntutan agar lambang bendera GAM agar dimasukkan pada lambang-lambang lokal di sana.

“Pada intinya menuntut terkait dengan lambang bendera mereka untuk dimasukkan di lambang-lambang yang di Aceh. Kemudian sudah dilakukan mediasi dan sudah dilakukan pengamanan. Kemudian Alhamdulillah situasi aman kondusif,” pungkasnya.

Reporter: Yopi M

Sumber: Liputan6.com

Kapolri: Negara Tidak Boleh Kalah dengan Ormas & Aksi Premanisme!

Kapolri: Negara Tidak Boleh Kalah dengan Ormas & Aksi Premanisme!

Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono

Beda Proses Kasus Maaher dan Denny Siregar, Ini Alasan Polri