Jika Omnibus Disahkan Aliansi Rakyat Siap Melawan

Yogyakarta, MediaPerjuangan.com – Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) menggelar aksi menolak omnibus law RUU Cipta Kerja (Cilaka) pada hari Kamis (16/7).

Mereka juga bertekad untuk melawan apabila RUU ini disahkan oleh DPR RI. “Misalnya, kami bisa melakukan gerakan-gerakan melalui instrumen-instrumen hukum ataupun kerakyatan,” tegas Juru Bicara ARB, Lusi.

Instrumen hukum dapat dilakukan dengan Judicial Review atas UU tersebut apabila disahkan kelak. Kemudian untuk instrumen kerakyatan dilakukan dengan cara aksi unjuk rasa.

Isi draf omnibus law cilaka ini sangat merugikan rakyat.

Karena tidak ada tanggapan oleh negara maka Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) turun ke jalan lagi. “Saat ini, banyak demonstrasi-demonstrasi yang tak ditanggapi oleh negara. Akhirnya, kami turun ke jalan lagi” ujar Revo, Humas ARB seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Ini menunjukkan bahwa ada perjuangan yang tak putus, ada perlawanan yang tak akan putus dan akan selalu ada, karena masyarakat cerdas, tak bisa lagi dibodohi,” tambahnya.

Aksi massa menolak Omnibus Law tersebut dilakukan di pertigaan jalan Gejayan, diikuti oleh ratusan peserta dan menerapkan physical distancing.

Aksi menolak Omnibus Law ini tidak hanya dilakukan di Yogyakarta, tetapi di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya (depan tugu pahlawan) dan juga Jakarta (depan gedung DPR).

Sementara itu, di dalam Gedung DPR telah berlangsung Rapat Paripurna Anggota Dewan. Hasil rapat itu menghasilkan daftar 50 RUU yang masuk Prioritas Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020 hasil evaluasi. Beberapa di antaranya adalah RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), Omnibus Law Ciptaker, dan RUU Minerba.

Bagaimana pendapat dari para pembaca semua? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

One thought on “Jika Omnibus Disahkan, Aliansi Rakyat Bergerak Siap Melawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *