Partai Berkarya Nilai Anies Baswedan Tokoh yang Potensial Jadi Capres

Jaga Peluang Capres 2024, Anies Diminta Waspadai Berbagai Jebakan Politik

MediaPerjuangan.com – Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah tokoh yang potensial menjadi calon presiden ( Capres) pada Pilpres 2024.

Priyo mengatakan, Anies Baswedan adalah tokoh yang cukup bersinar pada generasi saat ini.

Hal itu disampaikan Priyo menanggapi pertanyaan apakah Partai Berkarya akan mendukung Anies Baswedan sebagai capres, dalam diskusi virtual, Rabu (3/3/2021).

“Saya melihat Anies Baswedan Gubernur DKI ini termasuk salah satu tokoh muda yang bersinar, tapi untuk Partai Berkarya masih terlalu pagi kalau bicara itu (pencalonan Capres),” ujar dia.

“Walau masih terlalu pagi, tapi boleh saya menilai jujur bahwa Anies Baswedan adalah tokoh pemimpin dari lapisan generasi sekarang yang bersinar, meski masih berderet (tokoh) yang bersinar lainnya,” kata Priyo.

Selain Anies, Priyo mengatakan saat ini Partai Berkarya sedang melihat beberapa tokoh muda yang juga memiliki potensi untuk dicalonkan sebagai Capres.

“Lagi-lagi ini masih terlalu pagi, masih ada sederet tokoh lain yang kami masih hitung-hitung karena negeri ini bagus dan elok kalau yang memimpin terdiri dari racikan pemimpin dari berbagai warna,” ucapnya.

Seperti diketahui dalam survei simulasi semi-terbuka, yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis 22 Februari, Anies Baswedan menempati peringkat ketiga berdasarkan jumlah elektabilitas dengan capaian 10,2 persen.

Anies Baswedan berada di bawah Prabowo di peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 22,5 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 10,6 persen.

Sebelumnya Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno sebelumnya menilai bahwa Anies Baswedan dan Ridwan Kamil merupakan tokoh alternatif yang bisa dipilih untuk menjadi Capres di 2024 nanti.

Adi mengatakan hal tersebut menanggapi pernyataan Partai Nasdem yang akan mengadakan konvensi pada tahun 2022.

Menurut dia, konvensi yang dilakukan Partai Nasdem adalah untuk mencari figur politik yang bisa merepresentasikan partai tersebut untuk Pilpres kedepan.

“Kalau kita lihat elektabilitas tinggi itu ada pada sosok Prabowo Subianto jelas dia enggak mungkin dipinang Partai Nasdem karena Ketua Umum Partai Gerindra, lalu Ganjar Peanowk dan Tri Rismaharini juga tidak mungkin,” ucap Adi dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

“Maka ia membuka peluang seluas luasnya untuk mencari tokoh alternatif yang bisa sebagai calon presiden dari Partai Nasdem. Kalau saya lihat yang memungkinkan bisa Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil,” kata dia.

Sumber: Kompas

Ditunjuk Jadi Komisaris Utama, Said Aqil Siroj Akan Cari Solusi Permasalahan PT KAI

Ditunjuk Jadi Komisaris Utama, Said Aqil Siroj Akan Cari Solusi Permasalahan PT KAI

Permadi Arya alias Abu Janda

Kasus Abu Janda Sudah Naik Ke Tahap Penyidikan