Partai Ummat Berdampak Pada Elektoral PAN, Amien Rais Bisa Geser Para Pemilih PAN

Partai Ummat Resmi Dideklarasikan

MediaPerjuangan.com – Kehadiran Partai Ummat yang dideklarasikan pada 17 Ramadhan dipandang akan berdampak pada elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN).

Direktur Riset Indonesian Presidensial Studies (IPS) Arman Salam mengatakan, lahirnya Partai Ummat yang dibidani Amien Rais menandakan bahwa proses demokrasi di Indonesia berjalan baik.

Kata Arman, dalam negara yang menganut paham demokratis, keberadaan partai menjadi ciri kalau sistem demokrasi berjalan baik.

Terkait dengan dinamika konfigurasi politik nasional, Arman menyebutkan bahwa PAN adalah partai yang paling mungkin merasakan dampak elektoral.

Dijelaskan Arman, keberadaan sosok Amien Rais sebagai pendiri dan sekaligus Dewan Syuro akan menjadi magnet politik bagi kader PAN yang simpatik pada tokoh reformasi itu.

Dalam pandangan Arman, dengan kondisi partai di Indonesia yang militansi kadernya tidak begitu kuat ikatan ideologinya akan membuat para pemilih PAN akan bergeser mengikuti Amien Rais.

“Party ID di Indonesia sangat kecil, artinya militansi konstituen terhadap partai tidak terikat kuat oleh ideologi. Keberadaan Amien Rais sebagai ketua dewan syuro mau tidak mau akan menjadi magnet pemilih PAN,” demikian analisa Arman saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/5).

Apalagi, Arman menganalisa keberadaan MS Kaban selaku Wakil Ketua Dewan Syuro akan berpengaruh pada bergesernya para simpatisan dan pemilih Partai Bulan Bintang (PBB) ke Partai Ummat.

MS Kaban tercatat pernah menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) juga

“MS Kaban setidaknya bisa memanggil pemilih PBB yang mungkin sudah terpencar masuk ke partai lain,” demikian analisa Arman.

Sumber: RMOL

Pidato Perdana Ketum Partai Ummat Kutip Pesan Bung Karno

Pidato Perdana Ketum Partai Ummat Kutip Pesan Bung Karno

Tantangan Jokowi Di Tahun 2021, Beranikah Tangkap Harun Masiku?

Sidang Tim Pembela Ulama Gugat Jokowi Digelar Perdana 10 Mei