Rencana Masjid Istiqlal Terbuka Bagi Non Muslim, Mardani: Harus Ada Aturan Main Dan Disiapkan Kurator

Pemerintah Buka Peluang Investasi Miras, PKS: Negara Jangan Bahayakan Masa Depan Bangsa

MediaPerjuangan.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menginginkan Masjid Istiqlal bisa dibuka oleh warga non muslim untuk menjadi pusat kajian Islam yang moderat dan cinta toleransi.

Menyikapi hal tersebut, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan bahwa Masjid Istiqlal merupakan tempat ibadah umat Islam.

Sehingga, kata dia, semua kegiatan di Masjid Istiqlal tidak boleh mengganggu jadwal ibadah.

“Pertama Istiqlal adalah masjid. Jadi usaha membuka Istiqlal sebagai pusat destinasi wisata tidak boleh mengganggu peribadatan. Waktu sholat dan acara keagamaan tidak boleh terganggu,” ucap Mardani kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (12/3).

Selain itu, kata Mardani, pemerintah perlu menyiapkn regulasi mengenai aturan yang ketat mengenai kunjungan wisatawan ke dalam masjid.

“Kedua, mesti disiapkan aturan main, do and don’tnya. Jangan sampai malah kotor dan menghilangkan kesakralannya,” tegasnya.

Mardani juga mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan SDM yang bisa menjadi kurator untuk para wisatawan non muslim saat berkunjung ke Istiqlal.

“Dan ketiga, mesti disiapkan juga SDM yang mampu memberi cerita tentang Istiqlal sehingga berkesan dan jadi pembelajaran untuk semua,” tandasnya. 

Sumber: RMOL

Lembaga Internasional Catat Demokrasi Era SBY Lebih Baik Dari Jokowi, Perludem: Peran Presiden Tentukan Kualitas Demokrasi

Lembaga Internasional Catat Demokrasi Era SBY Lebih Baik Dari Jokowi, Perludem: Peran Presiden Tentukan Kualitas Demokrasi

Sibuk Dengarkan Rakyat, Alasan Anak Buah Jokowi Belum Usulkan Revisi UU ITE

Jerry Massie: Menkumham Orang PDIP, Apakah Menguntungkan AHY?