MediaPerjuangan.com — Dengan ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar akan berdampak pada Ekonomi Indonesia yang sangat besar. Terutama bagi rakyat kecil.

Tetapi kali ini pemerintah mencoba menginisiasi dengan memfokuskan bantuan terhadap masyarakat kecil.

Sebagai permulaan, pemerintah akan menggratiskan tarif listrik selama tiga bulan. Tetapi tarif gratis untuk tiga bulan ini hanya berlaku bagi pelanggan 450 VA.

Diperkirakan ada 24 juta pelanggan yang akan mendapatkan listrik gratis selama tiga bulan ini.

“Jumlahnya 24 juta pelanggan akan digratiskan 3 bulan ke depan, untuk April Mei dan Juni 2020,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa 31 Maret 2020.

Selain itu, menurut Presiden Jokowi, pemerintah juga memberikan kelonggaran untuk pelanggan listrik 900 VA. Akan ada potongan pembayaran 50 persen.

“Yang jumlahnya 7 juta pelanggan (900 VA) akan diskon 50 persen. Artinya hanya separuh untuk April, Mei dan Juni 2020,” katanya.

Pemerintah mengambil keputusan untuk menetapkan status akibat wabah Covid-19 dengan banyak perhitungan. Pengambilan kebijakan tidak bisa disamakan dengan negara lain, karena banyak aspek yang juga berbeda.

Tetapi pemerintah akan menyiapkan jaring sosial dan menfokuskan terhadap penyelamatan pada elemen yang paling bawah, yaitu masyarakat kecil.

Bagaimana tanggapan para pembaca dengan penggratisan listrik selama tiga bulan ini? Silakan beri komentar di bawah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *