Selain Sarat Pengalaman, Jokowi Pilih Sandiaga Uno Buktikan Politik Gotong Royong

Abdee Slank Jadi Komisaris, Sandiaga: Telkom Butuh Pejabat yang Ngerti Konten

MediaPerjuangan.com – Keputusan Presiden Joko Widodo menujuk Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio sangat tepat.

Dikatakan pengamat politik, Emrus Sihombing, rekam jejak mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sebagai pengusaha sukses sudah tidak diragukan lagi.

Apalagi, Sandiaga merupakan sosok orang yang sangat peduli dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Orang seperti Sandiaga cocok menangani ekonomi kreatif. Kan mayoritas ekonomi kreatif ini skalanya UMKM. Sandiaga akan bisa membuat UMKM di tanah air menjadi lebih baik lagi,” kata Emrus kepada wartawan, Selasa (22/12).

Dari sudut pariwisata, Emrus berharap, sosok besar Sandiaga mampu membangkitkan kembali industri pariwisata di Indonesia.

Menurutnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu sangat potensial membangun pariwisata dengan strategi-strategi atau pengembangan dari prinsip bisnis.

Pasalnya, industri pariwisata sangat berkaitan erat dengan pendapatan atau income yang diperoleh suatu negara.

“Maka dari itu, dari sudut kapabilitas dan profesionalitas, saya kira tepat beliau duduk di posisi Menparekraf,” kata dia.

Di sisi lain, merapatnya Sandiaga ke dalam pemerintahan Presiden Jokowi dapat menciptakan keseimbangan politik. Emrus memandang, memasukan Sandiaga ke dalam pemerintahan merupakan bentuk dari politik gotong-royong yang merangkul semua kepentingan.

Meski begitu, ia menyarankan agar Sandiaga tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Sandiaga harus menunjukkan perencanaan program selama 100 hari pertama.

Selanjutnya, Sandiaga harus bisa merealisasikan program-program yang telah direncanakan tersebut di 100 hari kedua.

“Sandiaga harus mampu membuat satu program ekonomi kreatif dan pariwisata yang bisa meningkatkan devisa negara. Jangan hanya sifatnya konseptual. Harus ada target-target yang diusung,” pungkasnya.

Sumber: RMOL

Abdee Slank Jadi Komisaris, Sandiaga: Telkom Butuh Pejabat yang Ngerti Konten

Dikabarkan Jadi Menteri Pariwisata, Sandiaga Diundang Ke Istana Sore Ini

Polda Metro Tindaklanjuti Laporan Terhadap Munarman

Polda Metro Tindaklanjuti Laporan Terhadap Munarman